PROFILE MI ISTIQOMAH SAMBAS
IDENTITAS
Nama Yayasan : YAYASAN
ISTIQOMAH SAMBAS
PURBALINGGA
Purbalingga Jawa Tengah
Nama Madrasah : MI. Istiqomah Sambas Purbalingga
No. Telp./Fax. : (0281) 894594
Berdiri : 28 Juni 2000
Luas Tanah : 13.253 m2
Luas Bangunan : 4.500 m2
E-Mail :
miispbg@yahoo.com
B. SUMBER DAYA MANUSIA
1. Tenaga
Pendidik
Jumlah
seluruhnya ada 59 orang terdiri dari :
Guru
putra berjumlah 21 orang
Guru
putri berjumlah 38 orang
2. Tenaga
Kependidikan
Jumlah
seluruhnya ada 7 orang terdiri dari :
Karyawan
berjumlah 5 orang
Karyawati
berjumlah 2 orang
3. Peserta
Didik
Jumlah seluruh
peserta didik pada tahun 2012 sebanyak 1153 peserta didik
MIIS senantiasa mengedepankan mutu layanan
pendidikan baik terhadap peserta didik, orang tua / wali murid, dinas-dinas
terkait maupun masyarakat secara luas.
Kesungguhan dalam memanage layanan
ini terbukti dengan telah
diraihnya sertifikat Sistem Managemen Mutu ISO 9001:2008, sejak tahun 2010..
MIIS sangat memahami
bahwa dengan kualitas layanan tentu banyak mendatangkan berbagai keuntungan.
Selain kepercayaan masyarakat yang dibuktikan dengan makin meningkatnya animo
masyarakat yang ingin menghadiahkan
pendidikan terbaik bagi putra-putrinya untuk sekolah di MIIS, juga terbuka secara luas berbagai peluang
untuk melakukan pengembangan berbagai sumber daya yang ada.
Adapun Jenis-jenis layanan pendidikan yang ada di MIIS meliputi :
1.Kegiatan pembelajaran intra kurikuler.
Pada layanan ini peserta didik
mendapatkan ilmu pengetahuan, informasi dan pematangan diri secara teori maupun
praktek baik di dalam kelas maupun di luar kelas sesuai struktur program
pembelajaran yang telah ditetapkan oleh MIIS. Adapun kurikulum mata pelajaran
umum mengacu pada Permendiknas no. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi dan
Kurikulum Mata Pelajaran Agama mengacu pada Keputusan Menteri Agama no 2 tahun
2008 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab untuk Madrasah. Selain kedua
kurikulum tersebut MIIS juga menerapkan kurikulum yang ditetapkan oleh Yayasan.
2.Kegiatan Pembelajaran Ko kurikuler
Kegiatan
ini dimaksudkan untuk memperdalam kemampuan peserta didik dalam memahami
pelajaran yang telah dibahas di sekolah. Disamping itu kegiatan ko kurikuler ini
juga dapat dijadikan sebagai alat kontrol orang tua
terhadap tingkat ketuntasan pembelajaran yang telah dilakukan oleh
putra-putrinya.
Kegiatan
ko kurikuler senantiasa dilakukan oleh MIIS dalam setiap pembelajarannya dengan
memberikan alokasi waktu maksimal 20% waktu pada setiap jam tatap muka
tersebut. Hasil dari kegiatan ko kurikuler senantiasa ditindaklanjuti dan
didokumentasikan.
3.Layanan ekstra kurikuler.
Kegiatan
ini dimaksudkan untuk membina peserta didik yang mempunyai bakat dan minat pada
bidang tertentu. Kegiatan ekstra kurikuler yang diselenggarakan oleh MIIS
meliputi Bahasa Inggris, Qiraatil Quran, Khithobah, Rebana, Band, Olah Vokal,
Paduan Suara, Drum Band, Melukis, Jarimatika, Robotic, Karate, Sepak bola,
Tenis Meja, Bulu tangkis, Atletic, Pramuka, Dokter kecil dan Komputer.
4.Layanan Bimbingan dan Konseling
Layanan
ini diberikan untuk membantu para peserta didik yang mengalami
persoalan-persoalan dalam hidupnya, baik yang berkaitan dengan pembelajaran,
pengembangan karir maupun kehidupan peserta didik di rumah tangga dan
lingkungannya.
Dalam
upaya mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling tersebut, selain membekali
para guru dengan wawasan pengetahuan tentang BK, MIIS juga menjalin kerja sama dengan Rumah
Sakit Umum Daerah Purbalingga untuk layanan konsultasi psikologis. Petugas
psycholog RSUD Purbalingga memberikan layanan konsultasi di MIIS setiap hari
Rabu dan Sabtu pukul 8.00 s.d. 11.00 WIB.
5.Layanan Pengembangan bakat dan minat
Program
pengembangan bakat dan minat peserta didik ini
dilakukan secara terprogram dan berkesinambungan. Bakat dan minat yang
dikembangkan meliputi kemampuan akademik maupun non akademik.
6.Layanan Kesehatan
MIIS
memiliki komitmen tinggi terhadap layanan kesehatan di sekolah. Hal tersebut
tampak melalui efektifitas pelaksanaan trias UKS yang senantiasa dilaksanakan
secara baik. Keseriusaan
melaksanakan Trias UKS ini berbuah pada diraihnya prestasi sebagai Juara
Sekolah Sehat Tingkat Nasional.
Pelaksanaan
Trias UKS tersebut meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan
penciptaan lingkungan sekolah yang sehat.
7.Layanan Administrasi
Layanan
bidang administraasi di MIIS dilakukan secara profesional oleh tenaga-tenaga
tekhnis yang memiliki keterampilan dalam bidang administrasi pendidikan.
8.Layanan Bimbingan Baca Quran dan Ibadah
Layanan
Bimbingan Baca Quran dimaksudkan untuk menjadikan peserta didik cinta terhadap Kitab Suci
al-Quran. Program ini diberikan semenjak peserta didik berada di kelas satu pada awal masuk MIIS dengan target empat bulan
harus mampu membaca al-Quran.
Untuk
memperlancar bacaan al-quran setiap hari seluruh peserta didik kelas I s.d. kelas III MIIS sebelum pembelajaran dimulai senantiasa dilakukan
tadarus al-Quran dengan program tahsin dan tahfidzil Quran. Sedangkan peserta didik kelas IV s.d. kelas VI selain tahsin dan tahfidzil
Quran juga menterjemah dan meng-i’rab al-Quran.
Adapun layanan ibadah dilakukan guna
menumbuhkan kesadaran dan pembiasaan peserta didik untuk melakukan berbagai
amaliah ibadah yaumiah atau ibadah harian seperti shalat dhuhur
berjamaah, dzikir, berderma, afsussalaam (menebarkan salam), shalat
dhuha, dll.
9.Layanan Pusat Sumber Belajar Berbasis Jaringan
Sebagai
madrasah yang menjadi dambaan masyarakat tentunya MIIS
harus mampu menampilkan dirinya sebagai madrasah yang updateble
terhadap berbagai perkembangan tekhnologi. Salah satu layanan tekknologi yang
dimiliki MIIS selain jaringan hotspot area di seluruh ruang kelas juga server intranet pusat sumber belajar berbasis jaringan yang mampu diakses
oleh seluruh warga sekolah. Pada pusat sumber belajar tersebut berisi ribuan
buku literature serta berbagai media pembelajaran yang sangat dibutuhkan oleh
warga sekolah.
10. Qiraatul Kutub
Qiraatul Kutub atau ketrampilan membaca dan
memahami literatur berbahasa Arab diajarkan melalui Muatan Lokal di MIIS pada
kelas IV, V dan VI. Program ini merupakan quantum nahwu sharaf atau cara
mudah belajar Tata Bahasa Arab. Metode ini menjawab opini yang berkembang di
masyarakat bahwa belajar Bahasa Arab itu membutuhkan waktu yang cukup lama dan
memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Pola pembelajaran Qiraatul Kutub ini
diselenggarakan melalui dua strategi yaitu intensive dan inside.
Pola intensive adalah pembelajaran Qiraatul kutub secara khusus selama
100 jam, sedangkan pola inside melalui pembelajaran muatan lokal dua jam
pelajaran setiap minggunya. Program ini
merupakan salah satu keunggulan MIIS bila dibandingkan dengan sekolah yang
lain.
11.Program Akselerasi atau Percepatan Waktu Belajar
Berdasar pada Undang-Undang Sisdiknas
no 20 tahun 2003 pasal 12 ayat satu disebutkan bahwa setiap peserta didik pada
setiap satuan pendidikan berhak menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan
kecepatan belajar masing-masing.
Mensikapi amanah tersebut maka MIIS
memiliki salah satu program unggulan yang dinamakan dengan program PATAS (
cepat dan tuntas ) atau yang sering disebut Program akselerasi.
Peserta didik berhak mengikuti program
PATAS ini manakala memenuhi empat persyaratan yang telah ditentukan yaitu
memiliki nilai akademik yang tinggi serta menduduki peringkat kelas A1,
direkomendasikan oleh psycholog, lolos tes kesehatan dan mendapatkan
persetujuan dari orang tua atau wali murid. Bagi peserta didik yang mampu
menempuh Program Akselerasi ini dengan baik, diberikan hak untuk dapat
menamatkan pembelajaran di MIIS cukup lima tahun.
12.Konsultasi Prestasi Belajar Peserta Didik
MIIS menyadari bahwa penentu
keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh guru, orang tua dan peserta
didik. Dalam upaya menjalin komunikasi dan kerjasama yang efektif antara pihak
sekolah dan orang tua maka MIIS menyelenggarakan acara Konsultasi Prestasi
Belajar Peserta Didik yang dilakukan secara periodik setiap dua bulan sekali.
Acara ini diselenggarakan setiap Ahad pagi secara bergantian tiap kelas sesuai
jadwal yang telah ditetapkan oleh Madrasah. Pada acara tersebut dibahas
beberapa hal antara lain: Laporan hasil ulangan harian, laporan perkembangan kepribadian peserta
didik, laporan perkembangan
keterampilan peserta didik, laporan
permasalahan peserta didik yang timbul di sekolah maupun di rumah, penyampaian
informasi-informasi dari sekolah, pembahasan
masalah yang timbul serta penyerapan
aspirasi dan harapan dari orang tua atau wali murid.
Kegiatan ini diawali dengan siraman rohani berupa pengajian
Ahad Pagi di Aula kemudian dilanjutkan dengan konsultasi di setiap kelas yang
di pandu oleh wali kelas masing-masing.
13.Antar Jemput Sekolah
Menyadari bahwa sebaran peserta didik
MIIS berasal dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Purbalingga bahkan
sampai Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Banyumas, maka MIIS
menyelenggarakan layanan antar jemput bagi seluruh peserta didik. Layanan ini
memberi kemudahan bagi setiap orang tua atau wali murid yang memiliki
keterbatasan baik dari segi waktu maupun sarana untuk antar jemput
putra-putrinya. Armada yang disiapkan oleh MIIS sebanyak 12 unit yang tersebar
ke berbagai jalur sesuai route yang telah ditentukan.
14.Sabtu Ceria
Dalam upaya menciptakan peserta didik
yang sehat jasmani dan rohaninya serta memiliki ketabahan dan keceriaan dalam
menghadapi setiap problematika hidupnya, maka setiap Hari Sabtu Pagi MIIS
menyelenggarakan program Sabtu Ceria, dimana program tersebut merupakan program
olah raga maupun pentas kreatifitas serta permainan-permainan yang menarik bagi
peserta didik.
Pada kegiatan ini peserta didik diberi
kesempatan untuk relaksasi dengan bermain dan olah raga sesuai dengan hobinya
masing-masing, serta memberi kesempatan bagi yang memiliki potensi pengembangan
seni untuk pentas di panggung yang telah disiapkan oleh Madrasah. Berbagai
fasilitas yang dimiliki oleh madrasah baik bidang seni maupun olah raga
disiapkan pada acara Sabtu Ceria tersebut.
15.Pembentukan Kader Dakwah
Dakwah adalah kewajiban bagi setiap
individu untuk melakukan perbaikan dan pencerahan kepada diri maupun masyarakat
di sekitarnya. Dalam upaya mencetak kader-kader dakwah masa depan, MIIS
menyelenggarakan pelatihan dai kecil yang ditampilkan diberbagai acara
pengajian di masyarakat maupun disiarkan melalui radio yang ada di Purbalingga
setiap Bulan Ramadhan menjelang buka puasa
16.Sistim Promosi dan Degradasi
Sistim promosi dan degradasi merupakan
program tindak lanjut dari hasil evaluasi dan analisa terhadap ketuntasan
belajar peserta didik. Bagi peserta didik yang memiliki taraf serap tuntas
mendapat kesempatan untuk promosi atau pengayaan di kelas yang peserta didiknya memiliki
kemampuan cepat, sedangkan peserta didik yang belum tuntas atau menurun
prestasinya (degradasi) mendapatkan perlakuan khusus di kelas tersendiri untuk
diberikan perbaikan secara intensive.
Disamping untuk menciptakan persaingan
yang sehat, program layanan ini juga untuk mempermudah melakukan perbaikan bagi
peserta didik yang belum tuntas dalam pencapaian hasil belajarnya.
Sistim pengelompokan peserta
didik sesuai dengan kemampuan taraf serapnya ini dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :
Kelompok A apabila
nilainya 8,0 ke atas.
Kelompok B apabila
nilainya 7,5 –7,9.
Kelompok C apabila
nilainya 7,0 – 7,4.
Kelompok D apabila
nilainya 6,5 – 6,9.
Kelompok E apabila
nilainya 6,4 ke bawah. (***)
17. Layanan Dana Khusus
Menyadari bahwa MIIS adalah milik
masyarakat dan harus bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, baik yang
mampu maupun yang kurang mampu maka MIIS menyelenggarakan Program Layanan Dana
Khusus. Melalui program ini selain membebaskan seluruh tanggungan pembiayaan
bagi peserta didik yang kurang mampu maupun yatim / piatu, juga berupa
pemberian bantuan bea siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar